Pentingnya baca buku pengembangan diri

http://ak.imgfarm.com/images/vicinio/dsp-images/scott.schaffer/asset1_3/1470673176507.png
Begitu pentingkah Membaca buku, apalagi buku-buku pengengembangan diri?, Inilah Asyiknya MLM, Rata-rata MLM menyarankan Membernya untuk membaca buku-buku pengembangan diri. Yang menurut saya Alasannya antara lain:
  1. Keluarga, masyarakat dan pendidikan formal secara konsisten mengkondisikan kita untuk menjadi ‘orang rata-rata’ alias miskin. Jika kita hanya belajar hidup dari mereka dapat dipastikan kita menjadi orang miskin. Kita harus membangun pergaulan orang-orang sukses. Jika tidak bisa secara fisik minimal secara ide kita terus berkomunikasi melalui buku.
  2. Pendidikan formal lebih berorientasi pengembangan skill/teknis dan sangat minim pengembangan sikap. Penelitian secara internasional sudah berkali-kali membuktikan dan tidak bisa dibantah lagi. Pendidikan akademik hanya menentukan 10 % kesuksesan. 90% nya ditentukan oleh ukuran impian dan kekuatan sikap. Jika Anda ingin mendapatkan 90% penentu sukses, Anda harus banyak belajar tambahan dari luar sekolah formal melalui kursus, seminar, mentoring atau buku pengembangan diri.
  3. Mengikuti jalan pintas yang sudah dilalui orang sukses. Semua kesuksesan dimulai dari membersihkan semak-semak, memotong pohon penghalang dan menyingkirkan batu-batu. Setelah satu kesuksesan timbul segera orang lain dapat mengikuti sukses dengan cara yang cepat. Membaca buku = membaca peta sukses. Sudah ada petunjuk jalan, rambu-rambu dan Anda tahu perbekalan apa yang harus Anda siapkan.
  4. Biaya termurah untuk sukses. Membaca buku mempermudah menjalankan bisnis apa saja yang hasilnya pasti lebih banyak dari harga buku. Jika tidak pernah membaca buku, berapa biaya kegagalan anda? Hitung sendiri – Berapa biaya pulsa Anda untuk janji temu yang hilang karena salah cara membuat janji temu? – berapa biaya transport anda untuk presentasi yang hilang karena lebih sering ditolak? – Berapa banyak waktu anda hilang karena ditolak? – Berapa biaya yang anda keluarkan untuk melampiaskan stress karena anda tidak terbiasa bersikap positif? – Berapa peluang bonus anda yang hilang karena anda tidak memiliki keyakinan sehingga prospek juga tidak yakin? Anggap saja buku-buku yang penting anda miliki semuanya seharga Rp 1 juta. Anda bandingkan sendiri mana yang lebih mahal, kegagalan atau harga buku?
  5. Sukses permanen ditentukan oleh revolusi mental, bukan karena keadaan di luar diri kita. Semua orang tahu, membaca buku akan menambah pengetahuan, tetapi ada manfaat yang jarang kita sadari saat membaca buku adalah, kita mulai berpikir dengan cara yang mirip dengan penulis buku tersebut. Jika buku tersebut menceritakan profil sukses, kita juga belajar cara berpikir orang sukses yang dikisahkan dalam buku tersebut.
  6. Suatu kali, Robert Kiyosaki ditanya,” Mengapa sangat banyak orang yang gagal menjalani bisnis Network Marketing?” Robert menjawab singkat,” Karena mereka mengharapkan uang secara instan”. Hal terpenting dalam network marketing adalah Pendidikan Yang Mengubah Hidup, yang membimbing kita secara utuh untuk meraih impian kita.
  7. Antony Robbin menyebutkan salah satu ciri orang sukses adalah Constan and Neverending Improvement. Peningkatan yang konsisten dan terus menerus. Pembelajaran seumur hidup untuk meningkatkan kualitas kehidupan kita, terus bertumbuh dan berkembang. Lulus sekolah bukan akhir dari belajar tetapi tahap awal dari belajar.
  8. Menduplikasi membaca buku, artinya anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk ngajarin jaringan. Apalagi jika menghadapi jaringan yang ekonomi dan pendidikan lebih tinggi daripada kita. Kita bisa sungkan tapi buku tidak. Jaringan bisa gengsi kita ajarin tapi tidak pernah gengsi jika ‘digurui’ oleh buku.
  9. Mark Yarnell, “Bisnis Anda hanya akan tumbuh secepat dengan pertumbuhan pribadi Anda”
  10. Semakin besar jaringan, semakin besar pula tanggungjawab Anda. Lebih banyak masalah-masalah yang penyelesaiannya di tangan Anda. Dengan mengembangkan diri, masalah-masalah itu akan jauh lebih mudah.
  11. Buku ditulis berdasarkan pengalaman penulis selama belasan bahkan puluhan tahun. Sudah pasti untuk menempuh pengalaman itu membutuhkan uang ratusan juta. Anda bisa membeli pengalaman orang yang sudah disarikan hanya dengan uang 50 - 100 rb. Jika setiap buku sukses adalah hasil pengalaman penulis selama min 10 tahun, artinya jika anda hanya membaca 10 buku saja anda sudah memiliki pengalaman hidup 100 tahun. Jika anda membaca 100 judul buku sukses, artinya Anda memiliki pengalaman hidup 1000 tahun. Artinya, Anda hidup sampai mati .. hidup ..mati .. hidup lagi minimal 10X. DAHSYAT..!!
  12. Jika anda memiliki pengalaman hidup 30 tahun dan sudah bisa mendapatkan penghasilan 1-2 juta per bulan. Bagaimana jika Anda memiliki pengalaman hidup 1000 tahun dan mengaplikasikannya dalam kehidupan Anda. Dapat dipastikan Anda bisa mendapatkan penghasilan minimal 33X lipatnya.
  13. Buku adalah kendaraan kehidupan Anda. Membuat seluruh kehidupan kita menjadi lebih mudah, bukan hanya bisnis ini. Buku pengembangan diri tidak hanya membantu kita untuk sukses di satu bidang. Sukses permanen bukan soal tempat kita berada, tetapi soal siapa diri kita? Itulah sebabnya orang-orang sukses biasanya sangat mudah untuk sukses di tempat-tempat lainnya. Jika Anda tidak ingin sukses di bisnis ini, Anda pasti ingin sukses dalam hal lainnya. Mungkin Anda ingin sukses di bisnis konvensional, pengabdian sosial, atau organisasi keagamaan. Dengan menjadi sahabat buku, semua akan jauh lebih mudah Anda dapatkan
  14. Membaca buku atau tidak sebetulnya sama-sama punya dimensi kenikmatan dan kepedihan. Bedanya, jika kita berani habis-habisan membaca buku, kita menempuh kepedihan jangka pendek untuk kenikmatan jangka panjang. Sebaliknya jika kita ingin nyaman dengan tidak pernah membaca buku, saat yang sama kita sedang mengorbankan nikmatnya kehidupan jangka panjang. Pilihan di tangan Anda.
kenikmatan itu harus dihindarkan kalau konsekuensinya adalah kepedihan lebih besar, dan kepedihan itu harus diincar kalau pada akhirnya mendatangkan kenikmatan lebih besar.--Michel De Montaigne--
Mulailah menjadi PEMBURU BUKU mulai detik ini. Dan raihlah sukses dalam seluruh aspek kehidupan Anda. Bagikan ilmu Anda, dan raihlah puncak kebahagiaan berbagi. Menjadikan kehidupan Anda lebih bermakna.

Pentingnya baca buku pengembangan diri

1 comments on Pentingnya baca buku pengembangan diri

  1. http://www.kumpulancara.com/2009/07/mengapa-penting-membaca-buku.html9 Mei 2010 12.18

    Info Bermanfaat...Lebih bermanfaat lagi Jika SUmber ARtikel ini di berikan Link.
    Bila Keberatan jg tdk Apa2.
    Semoga Berguna Bagi Semua SObat Networker Sejati

    BalasHapus