Seberapa Kayakah Anda?

http://ak.imgfarm.com/images/vicinio/dsp-images/scott.schaffer/asset1_3/1470673176507.png

Orang sering menghitung kekayaan dari seberapa banyak uang atau harta yang dikumpulkannya. Padahal banyak diberitakan orang yang disebut-sebut kaya raya yang memiliki rumah mewah, mobil mewah tiba-tiba dinyatakan bangkrut karena tidak mampu membayar hutang-hutangnya.

Suatu cara lain adalah dengan menghitung seberapa banyak kekayaan bersihnya. Yaitu dengan menghitung jumlah kekayaan dikurangi dengan kewajiban-kewajibannya seperti hutang. Cara ini lebih baik dari cara pertama. Akan tetapi ada kekurangannya, yaitu seberapa lama kekayaan itu akan dihabiskan kalau orang itu berhenti bekerja.

Inilah sebenarnya konsep dari kebebasan finansial yang sekarang sedang populer. Kekayaan seharusnya dihitung dari seberapa lama Anda mampu hidup dengan gaya hidup yang sama kalau Anda berhenti bekerja saat ini.

Cobalah Anda hitung seberapa banyak --maaf, seberapa lama kekayaan Anda itu. Gunanya agar Anda mawas diri dan mulai buat rencana kalau ternyata perhitungan kekayaan Anda hanya beberapa bulan atau malah minus.

Perhitungan Kekayaan

Informasi pertama adalah mengenai penghasilan pasif dan gaji. Gaji merupakan penghasilan dari kerja langsung Anda. Misalnya Anda bekerja sebagai guru, gaji yang diperoleh dari mengajar termasuk di sini.

Penghasilan pasif merupakan pendapatan Anda dari aset. Contohnya, Anda punya rumah kos-kosan, maka pendapatan bersih dari uang sewa para pemondok dapat dimasukkan sebagai penghasilan pasif.

Buatlah perkiraan atas harta kekayaan dan kewajiban Anda. Rumah tinggal tentu rumah yang Anda tempati dan miliki. Kalau bukan milik Anda, jangan dimasukkan. Properti adalah rumah, tanah, atau bangunan lainnya yang Anda miliki dan kemudian disewakan.

Saham yang dimasukkan adalah nilai saham yang Anda miliki atas perusahaan publik atau nilai kepimilikan di perusahaan lain. Sedangkan dana pensiun adalah nilai sekarang dari dana pensiun Anda.

Tabel Perhitungan

Mohon hanya masukkan angka-angka saja kecuali untuk nama Anda. Jangan masukkan teks, koma. Kalau ada desimal, gunakan tanda titik. Semua angka harus dalam mata uang yang sama. Kalau merasa tidak punya aset atau kewajiban di kolom tersebut, masukkan angka nol.

Nama Anda:
Penghasilan Gaji
Penghasilan pasif bersih
Total pengeluaran per bulan
Aset
Kewajiban
Rumah Tinggal Pinjaman ke Bank
Properti Kartu Kredit
Alat Rumah Tangga Surat Utang
Tabungan Sewa Kontrakan
Deposito Kewajiban Lain
Rekening Giro

Saham

Mobil/Kendaraan

Rekening Finansial

Dana Pensiun

Aset Lain


Seberapa Kayakah Anda?

0 Comments

0 comments:

Posting Komentar test