Afiliasi Dan Broker: Mendapat Komisi Dari Rujukan (Referral)

http://ak.imgfarm.com/images/vicinio/dsp-images/scott.schaffer/asset1_3/1470673176507.png

Bisnis dari rujukan barangkali sudah seumur bisnis itu sendiri. Ini dpraktekkan dimana-mana. Ketika Anda menceritakan kelezatan masakan di restoran favorit Anda, maka Anda sudah menjalankan usaha rujukan.

Pemilik restoran menganjurkan Anda untuk menceritakan kepada teman-teman Anda tentang hal-hal bagus dari restorannya, tetapi hanya menceritakan keburukannya kepada ia semata. Yang mungkin Anda tidak tahu adalah bahwa banyak orang seperti Anda merujukkan restoran tersebut kepada teman-temannya. Tidak aneh kalau restoran itu ramai dikunjungi. Dan restoran menjadi lebih baik karena pemiliknya mendengarkan keluhan-keluhan pelanggannya.

Hanya saja Anda memberikan rujukan gratis. Nah, sebenarnya ada jenis usaha yang akan membayar Anda untuk rujukan dari Anda yang berhasil.

Banyak usaha yang sudah mapan mengetahui kekuatan ini. Industri asuransi dan real estate sudah membayar komisi kepada orang-orang yang mempromosikan usahanya.Maka dikenallah broker.

Istilah lain muncul di internet yaitu afiliasi (Affiliate). Pada dasarnya bisnis ini sama: afiliate (peserta afiliasi) memberikan rujukan kepada pemakai internet untuk membeli produk atau jasa. Afiliate kemudian dibayar oleh prinsipal bisnis.

Nama berbeda tetapi hasilnya sama: komisi!

Marilah kita lihat dua model bisnis ini:

Broker

Ada banyak broker yang populer saat ini seperti broker saham, broker real estate, broker asuransi, broker bisnis, dan sebagainya. Karena fokus kita adalah bisnis rumahan, pemilihan disempitkan menjadi broker bisnis. Broker saham, broker real estate, broker asuransi memerlukan kantor yang mewah di lokasi yang prima ditambah uang yang banyak untuk dibelanjakan sebelum Anda buka usaha.

Gambar afiliasi

Broker bisnis pada dasarnya membantu para pebisnis menjual bisnis. Ini situasi yang sulit bagi pemilik bisnis karena ia tidak boleh sembarangan mengumumkannya. Bila karyawan atau para pemasok tahu, bisa-bisa mereka mengurangi komitmen dalam bekerja atau memasok bahan-bahan karena ketidakpastian bisnis. Maka broker bisnis diminta tolong untuk mencari pembeli.

Meskipun jarang, bisa juga broker bisnis dihubungi pembeli untuk mencari bisnis yang akan dijual.

Broker bisnis melakukan due diligence dan penilaian (valuation) untuk mengetahui nilai wajar suatu bisnis. Ia akan dibayar kalau deal terjadi. Pendapatan rata-rata broker bisnis di Amerika sebesar US$300,000 per tahun.


Afiliasi

Ini dimulai di tahun 90'an ketika Amazon.com mengundang para afiliate bergabung dengan tim marketing-nya untuk mengiklankan produk-produknya. Sejak itu, perusahaan raksasa lainnya mengikutinya seperti Dell dan Home Depot.

Bagaimana cara kerjanya?

Afiliate mendapat ID khusus dari perusahaan prinsipal. Bilamana afiliate merujuk seseorang untuk membeli produk dari prusahaan prinsipal, affiliate menaruh ID-nya sebagai referensi. Perusahaan prinsipal memonitor semua order dan ID dari affiliate. Dalam periode tertentu, katakanlah bulanan, perusahaan prinsipal mengumumkan hasil affiliate dan komisinya.

Affiliate Master Course Logo

Menggunakan internet, bisnis afiliasi menawarkan banyak skema. Contohnya, afiliate dapat dibayar untuk setiap pelanggan yang mengunjungi website. Atau ia hanya dibayar untuk setiap penjualan yang terjadi.

Sekarang jangka waktu afiliasi juga dapat dibatasi. Contohnya, afiliate dapat dibayar untuk setiap pelanggan yang yang membeli dalam waktu 3 bulan. Teknologi cookie yang dipasang di browser pengunjung web sangat populer untuk tujuan ini.

Program afiliasi yang terbaik adalah yang menawarkan komisi yang cukup tinggi dan keanggotaan seumur hidup. Anda tidak perlu komisi yang terlalu tinggi karena harganya akan terlalu tinggi sehingga sulit mendapatkan penjualan.

Anda dapat memperoleh informasi tambahan dari ebook masters course yang ditulis oleh Ken Evoy. Download di sini.

bisnis afiliasi logo | ©2005 Start Home Business Dot Com

Afiliasi Dan Broker: Mendapat Komisi Dari Rujukan (Referral)

0 Comments

0 comments:

Posting Komentar test