Tips Mengelola Keuangan Saat Krisis

http://ak.imgfarm.com/images/vicinio/dsp-images/scott.schaffer/asset1_3/1470673176507.png

Dalam menghadapi krisis yang sedang melanda perekonomian saat ini ada beberapa cara untuk mengatasinya:

Memperketat Anggaran Pengeluaran

Langkah pertama saat melakukan perencanaan keuangan adalah mengevaluasi anggaran pengeluaran bulanan. Dari evaluasi itu bisa diketahui pos-pos mana saja yang bisa dikurangi di saat krisis. Kita harus bisa membedakan antar kebutuhan dan keinginan. Butuh adalah pengeluaran yang sangat mendesak dan tidak bisa di tunda lagi, sedangkan ingin adalah pengeluaran yang masih bisa ditunda. Prinsipnya adalh keluarkan yang memang harus dikeluarkan dan tahan keinginan untuk sesuatu yang belum mendesak.

Menghindari Utang

Hindari munculnya utang baru terlebih bila utang tersebut hanya untuk kebutuhan pelengkap saja atau yang belum mendesak. Walau saat ini banyak lembaga keuangan menawarkan cicilan ringan, sebisa mungkin untuk tidak tergiur karena akan berdampak pada pengeluaran rutin tiap bulan.

Jangan Berspekulasi

Saat krisis datang, banyak orang menwarkan alternatif penyelesaian, salah satunya dengan investasi. Waspadai bila ada lembaga yang dapat memberikan bunga tinggi atau pengembalian cepat karena investasi seperti ini hanya bisnis pemutaran uang saja.

Mencari Tambahan Penghasilan

Alternatif lain dalam menghadapi krisis adalah dengan mencari penghasilan lain di luar penghasilan rutin namun tidak mengganggu aktifitas kerja. Untuk itu dibutuhkan ide dan kreatifitas, salah satunya adalah dengan bisnis online yang saat ini sedang merebak di dunia maya. Salah satu bisnis yang saat ini terpercaya dan sudah terbukti mampu mengatasi masalah keuangan tanpa harus menggangu aktifitas lainnya adalah Tienshi salah satu jaringan yang ternama.

Tips Mengelola Keuangan Saat Krisis

0 Comments

0 comments:

Posting Komentar test