Peluang bisnis jaringan bagi kaum perempuan

http://ak.imgfarm.com/images/vicinio/dsp-images/scott.schaffer/asset1_3/1470673176507.png

Melihat produk-produk yang ditawarkan untuk dijual dengan sistem network marketing, sepertinya tidak jauh dari kebutuhan wanita. Dengan demikian, perempuan berpeluang besar untuk sukses di bisnis ini.

Jika anda seorang wanita yang saat ini bingung menentukan karir atau karir yang anda tekuni tidak memberikan hasil maksimal, baik secara materi maupun waktu yang tersisa untuk keluarga, mungkin network marketing dapat dijadikan sebagai alternatif pekerjaan yang dapat dijalani paruh waktu atau mungkin sepenuh waktu. Karena, jika dibandingkan jenis pekerjaan atau jenis wirausaha yang lain, network marketing ternyata sangat cocok dengan perempuan.

Hal ini bukanlah mengada-ada atau apalagi diskriminasi gender. Lihat saja kebanyakan produk yang dijual dengan sistem network marketing, sebagian besar produk-produk tersebut berhubungan dengan kebutuhan wanita. Mulai dari produk nutrisi, alat-alat rumah tangga, produk kecantikan, kebutuhan sehari-hari dan bahkan sampai kepada
busana dan pakaian dalam. Dari sini terlihat bahwa bisnis jaringan sangat memanjakan kaum wanita.

Jika dilihat dari sudut bisnis, terutama dari segi pengaturan waktu yang fleksibel dalam menjalani bisnis jaringan ini, industri ini sangat mungkin dijalankan oleh seorang wanita, yang sebagian besar Ibu Rumah Tangga. Dalam bisnis jaringan, perempuan tidak dibebani oleh peran ganda, dimana kesulitan membagi waktu antara urusan kantor dengan kodratnya selaku perempuan dapat diatasi. Bahkan, dengan flesibilitasnya waktu plus teknologi internet sekarang ini, bisnis jeringan dapat dijalankan sepenuhnya dari rumah. Hal ini tentu membuat si pelaku bisnis lebih menikmati pekerjaannya. Paling tidak, mereka tidak dituntut atau direpotkan dengan soal penampilan, busana, pergi tergesa-gesa, macet di jalan, dan sabagainya.

Apalagi, pada saat “bercerita” memperkenalkan bisnis ini, biasanya kaum wanita lebih banyak memiliki “media sosialisasi” seperti arisan, tempat senam atau pusat kebugaran, salon, saat mengantarkan anak ke selkolah, dan lain sebagainya. Disinilah dapat terjalin hubungan yang lebih erat, sehingga terbentuk jaringan sebagai langkah awal mewujudkan impian dan cita-cita.

kaum perempuan dilahirkan dengan kemampuan membuat segala impian menjadi kenyataan. Oleh karena itu, menjadi perempuan merupakan kekuatan mendasar, bukan kelemahan,”ujar Linda Hollander, seorang guru entrepreneur perempuan, sekaligus pendiri the Women’s Small Business EXPO, di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Menurut wanita yang juga penulis buku “Bags to Riches: 7 Success Secrets for Women in Business“, menganjurkan supaya setiap wanita yang menekuni bisnis network marketing agar mengembangkan seluruh potensi kewanitaanya. Hal-hal itu antara lain:

Pertama, men-”nutrisi“-kan pelanggan seperti mendengarkan masalah mereka, memberikan pelayanan yang terbaik, fokus menolong orang lain ketimbang memaksakan penjualan produk, belajar mengenal kebutuhan para pelanggan, dan sekaligus menawarkan solusi bagi mereka.

Kedua, cari mentor yang dapat membantu anda berjalan di “jalur cepat” sehingga kesuksesan lebih cepat diraih. Hal ini akan memberikan kesempatan meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan yang lebih luas. Bukan rahasia lagi, jika dalam bisnis, khususnya dalam dunia network marketing, mereka yang sukses biasanya memiliki mentor yang dapat dipercaya, memberikan motivasi dan mendorong mereka untuk melakukan sesuatu yang melebihi kemampuannya.

Ketiga, bekerjalah dengan tim, atau bentuklah tim sukses, khususnya bekerja dengan orang yang memiliki rasa kepedulian untuk menolong ornag lain sebagai salah satu tujuan hidupnya. Tim sukses ini akan mengaktifkan imajinasi dan energi kreativitas, sehingga menambah keyakinan. Penyebabnya, tim sukses akan mengimbangi kekuatan, kelemahan, pengalaman, keahlian dan memperluas wawasan.

Keuntungan dengan adanya tim sukses sangat besar“, ujar linda. Ia berpendapat, kecerdikan grup akan membantu seseorang mengakselerasikan pencapaian tujuan, memberikan sudut pandang yang segar rencana yang dikerjakan. “Hasilnya, anda akan tercengang, karena sinergi dari tim yang bekerja menginspirasikan brainstorming yang luar biasa,” tambah linda lagi dalam sebuah arikel yang berjudul, “kembangkan Seluruh Kekuatan keperempuanan Anda“.

Menurutnya, perempuan memiliki kemauan belajar, kemauan berubah dan senantiasa mencari cara untuk memperbaiki kehidupan, termasuk kehidupan ornag-orang yang dicintainya. Namun tidak juga dipungkiri, perubahan itu sangat menakutkan, membuat banyak diantaranya lebih nyaman dengan kondisi semula. Oleh karena itu, menggeluti bisnis sendiri ataupun bisnis jaringan, adalah kursus pengembangan pribadi yang sangat cepat.

Yang keempat, Linda menyebutnya “praktek pembelajaran seumur hidup“. Pada poin ini ia mengingatkan agar jangan putus asa, mengira mengetahui semua, melainkan berani berinvestasi pada diri sendiri. Buatlah sudut pandang seperti seorang anak, yang selalu ingin mempelajari hal-hal baru. Hal tersebut dapat diperoleh setiap hari, karena akan selalu ada permasalahan baru untuk dipecahkan, tantangan-tantangan baru, bahkan hal-hal baru untuk dipelajari. Oleh karenanya, menemukan para mentor, mengikuti seminar-seminar, membaca buku-buku dan membentuk tis sukses adalah bagian dari kursus tersebut.

Hal itu semua, bagi Rene Reid Yarnell, adalah resep perempuan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Maklumlah, secara umum perempuan kurang yakin terhadap diri sendiri, khususnya sebagai pemimpin. Disinilah sikap lebih dipentingkan ketimbang bakat.

Selain percaya diri, untuk mencapai kesuksesan, Rane yang juga penulis buku Your First Year in Network Marketing, mengingatkan bahwa dalam memprospek perempuan dapat “menyalin lawan bicara”. Contoh, jika memprospek pria, berpikirlah seperti pria. Sebab, kebanyakan pria tentu tidak akan tertarik jika ditawarkan produk kecantikan. Mereka lebih tertarik dengan produk-produk kesehatan.

Dan yang penting, perempuan bisa menghilangkan pola pikir sebagai retailer, melainkan sebagai pemimpin suatu organisasi. Alasannya, di network marketing, wanita ataupun pria dituntut dapat menduplikasikan jaringan, mendidik mereka agar bisa menduplikasi. Ingatlah, kesuksesan di binsis jaringan adalah hasil kombinasi dari kepemimpinan yang efektif dan proses terduplikasinya jaringan.

Karena itu, seharusnya bagi perempuan, perbedaan kodrat dengan pria merupakan suatu keistimewaan tersendiri. Karena, walau bagaimanapun, perempuan cenderung lebih perhatian, lebih punya sifat pengasuh dibanding pria. Dengan bakat yang disertai kelembutan, perempuan modern mampu mengimbangi kemampuan pria dalam berbisnis, termasuk sepak terjangnya di dunia Bisnis Jaringan.

Sumber Referensi: Artikel yang ditulis Gita & Romo di majalah Bisnis Plus

Peluang bisnis jaringan bagi kaum perempuan

0 Comments

0 comments:

Posting Komentar test