FORMULA PERCAYA DIRI DALAM BICARA (Rp.5 Juta)

http://ak.imgfarm.com/images/vicinio/dsp-images/scott.schaffer/asset1_3/1470673176507.png

Seorang peserta seminar CREATING HAHAHA bertanya

"Pak Hari bagaimana cara paling jitu, bisa percaya diri bicara di depan publik?"

"Saya punya resep paling jitu dan sangat mantab serta sudah terbukti. Manjur, cespleng , tak terbantahkan. Tidak perduli tidak lulus SD ataupun profesor. Bahkan belum pernah makan bangku sekolah dan mengikuti seminar apapun, langsung percaya diri. Bapak Mau?" Jawab saya memancing

"Mau dong, pak!" Jawabnya secepat kilat.

"Resep ini bisa untuk anak kecil, bisa untuk nenek-nenek hamil, bisa untuk remaja, bisa untuk dewasa. Bahkan tak perduli lagi suku ras dan agama. Siapapun manusia didunia ini pasti berhasil seratus persen, menghilangkan keminderannya. Mau?"

"Tentu! Apa pak?"

"Sebentar... ini ilmu mahal. Apakah Bapak mau menambah lima juta rupiah untuk ilmu yang satu ini?"

Beliau tertawa, namun karena beliau ini seorang president direktur, sebuah perusahaan, maka uang lima juta sama sekali bukan masalah.

"Ok Pak, berapa nomor account bapak?" Jawabnya serius, sambil memegang handphone untuk mencatatnya.

"0275-0269055 BCA a/n Hari Subagya" Jawab saya juga dengan sangat serius.

Beliaupun mencatat nomor yang saya berikan. Wajahnya sangat penasaran, sampai sampai saya menjadi ragu, apakah penasaran dengan jawaban saya, atau penasaran, apakah saya serius atau hanya HAHAHA.

****

Kemudian saya bercerita tentang, seorang petani tua yang bajunya compang camping. Wajahnya yang lusuh dan bahasa indonesianya kadang bercampur bahasa sunda. Beliau berbicara sangat lancar dan sangat percaya diri di depan beberapa kamera dan puluhan bahkan ratusan orang yang berkumpul. Beberapa detik yang lalu, beliau adalah orang kampung yang sangat jarang berbicara, bahkan belum pernah berbicara di depan orang banyak. Apalagi kamera televisi. Ada kamera dari RCTI, INDOSIAR, Metro TV dan beberapa kamera bahkan dari televisi luar negeri.

Dengan sangat semangat beliau berbicara dan dengan penghayatan yang mendalam. Tangannya menunjuk-nunjuk dan sesekali beliau berteriak Ya Alloh!!! dengan bahasa emosi yang sangat menarik dan semua audiencenya terpesona dengan penuturnya. Tidak ada satupun audiencenya yang kecewa. Semua senang dengan apa yang disampaikan.

Terima kasih.....itulah kata-kata yang muncul.....

Mengapa Seorang bapak yang dari kampung yang tadinya pendiam bisa bicara, yang tadinya minder langsung percaya diri, yang tadinya terbata-bata kalau bicara langsung lancar.

Resepnya adalah : Tahu/menguasai yang dibicarakan"

Mengapa? Karena beliau sedang menjadi nara sumber, dari kejadian Tsunami di pantai Pangandaran beberapa tahun yang lalu. Dia sangat tahu apa yang dibicarakan dan level keyakinannya semakin tinggi bila dia yang paling tahu dibanding orang lain/audience.

Salam Perubahan
Hari Subagya

FORMULA PERCAYA DIRI DALAM BICARA (Rp.5 Juta)

0 Comments

0 comments:

Posting Komentar test