Bagaimana Membentuk Jaringan secara Efektif

http://ak.imgfarm.com/images/vicinio/dsp-images/scott.schaffer/asset1_3/1470673176507.png

Pembentukan jaringan adalah seni pembuatan dan pemanfaatan hubungan. Tujuan dari pembentukan jaringan adalah menciptakan kumpulan orang dan informasi yang dapat meningkatkan kualitas produk atau jasa Anda secara langsung, mengurangi kehilangan nasabah, dan yang terpenting, membiarkan pesaing Anda bertanya-tanya bagaimana Anda memenangkan pekerjaan yang adanya tak pernah mereka ketahui.

Banyak pemilik bisnis kecil tidak ingin membentuk jaringan karena menurut mereka itu hanya menyodorkan kartu nama Anda kepada orang lain dan membual mengenai apa yang Anda lakukan. Sebenarnya, pembentukan jaringan adalah mengenai mengenal orang-orang yang Anda dapat bantu dan yang dapat membantu Anda.

Seorang ahli pembentukan jaringan Steven M. Krauser, Presiden dari Network Associates, Hicksville, N.Y., berpendapat bahwa kebanyakan pelaku bisnis tidak tahu bagaimana membuat jaringan sebagai alat bisnis yang efektif. Jika hasil pembentukan jaringan Anda adalah setumpuk kartu bisnis didalam laci meja kerja sebelah kanan atas dan bukan bisnis tambahan yang banyak, maka barangkali sudah saatnya untuk mengevaluasi ulang semua metode Anda, katanya.

Krauser berkata bahwa sebaiknya pemilik bisnis kecil melakukan pendekatan dalam pertemuan bersama sejumlah orang dengan dua tujuan: mengenal orang sebanyak mungkin, dan membuat mereka mengenal Anda. Kemudian ia menganjurkan empat langkah berikut untuk membuat pembentukan jaringan Anda berhasil:

Berikan dan dapatkan informasi

Pembentukan jaringan itu ibarat jalan dua arah. Pada saat Anda menemui orang, Anda ingin bertanya kepada mereka mengenai bisnis mereka dan memberitahu mereka mengenai bisnis Anda. Mulailah dengan dasar-dasar - nama, perusahaan, afiliasi, jabatan, sifat dasar bisnis, dll. Selanjutnya Anda ingin mencari tahu apakah Anda dapat saling menguntungkan. Cobalah meliput beberapa topik ini:

  • Apa saja yang dilakukan oleh perusahaan Anda?

  • Jenis pelanggan apa saja yang Anda layani?

  • Siapa yang mengambil keputusan pembelian didalam perusahaan untuk masing-masing jasa dan/atau produk Anda?

  • Apa saja yang membuat Anda berbeda dari pesaing Anda?

Lakukan evaluasi terhadap nilai dari kontak

Anda tidak dapat membentuk jaringan secara seksama dengan setiap orang. Begitu Anda mempunyai informasi pendahuluan, Anda perlu memutuskan apakah orang ini layak untuk ditemui lagi dan membina hubungan dengannya? Apakah Anda dapat membantu mereka dan apakah mereka dapat membantu Anda? Jawaban harus "ya" untuk dua-duanya.

Kriteria yang lain adalah mencari orang yang benar-benar tertarik membantu orang lain dalam memecahkan masalah, tanpa syarat apapun. Dengan kata lain, jangan anggap diri Anda sebagai seorang pembentuk jaringan melainkan sebagai seorang pemecah masalah, dan carilah ciri-ciri yang sama dalam diri orang yang sedang Anda pertimbangkan untuk ditambahkan dalam jaringan pribadi Anda.

Bentuklah persekutuan strategis

Sebuah jaringan bukanlah sekedar koleksi kartu nama, melainkan kumpulan orang-orang. Luangkan waktu untuk memahami bisnis mereka yang ada dalam jaringan Anda. Jika Anda telah memilih anggota dengan bijaksana, ini akan menyenangkan. Dan pastikan bahwa Anda mendidik mereka dengan lengkap mengenai apa saja yang Anda lakukan dan dengan siapa Anda melakukannya. Masing-masing saling melakukan pembaharuan dan dorongan. Sesungguhnya Anda satu sama lain menjadi tenaga penjualan.

Ingatlah bahwa tujuan pembentukan jaringan bukan untuk memperoleh bisnis dari kontak Anda; melainkan, Anda coba memperoleh bisnis dari setiap orang yang dikenal oleh orang ini.

Anda juga harus mampu minta bantuan dari mereka yang ada dalam jaringan Anda untuk memperoleh ide manajemen, nasehat, petunjuk, bahkan rekomendasi mengenai penjaja. Anda akan saling belajar dan menyumbang kepada pertumbuhan masing-masing, baik dalam hal laba maupun kinerja.

Pemeliharaan

Sejalan dengan tumbuhnya dasar kontak Anda, Anda perlu mengevaluasi ulang semua orang yang ada di dalam lingkaran informasi Anda. Berlatihlah ketrampilan manajemen waktu secara efektif dan prioritaskan kontak Anda. Anda akan paling sering berhubungan dengan mereka yang bisa paling berguna untuk Anda. Mereka akan menjadi lingkaran dalam Anda.

Hati-hatilah untuk tidak pernah mengambil keputusan yang tidak mungkin Anda ubah lagi; Anda tak pernah tahu kapan seorang akan bisa membantu Anda, atau kapan Anda akan dapat membantu mereka. Jika Anda merasa seakan-akan ada orang yang tidak berguna untuk Anda sekarang, Anda masih perlu memeriksa saat ini dan sekali lagi, karena mereka bisa menjadi penting pada suatu saat nanti. Dengan kata lain, bersikaplah baik kepada semua orang karena Anda tak pernah tahu kapan Anda akan membutuhkan mereka.

Bagaimana Membentuk Jaringan secara Efektif

0 Comments

0 comments:

Posting Komentar test