U-Turn Now! Balik Haluan Sekarang!

http://ak.imgfarm.com/images/vicinio/dsp-images/scott.schaffer/asset1_3/1470673176507.png
By : Mario Teguh
Tidak sedikit pengusaha atau profesional yang saat ini sedang berada dalam sebuah perjalanan yang salah arah, tetapi yang belum memiliki ketegasan untuk memperbaiki arah dari perjalanannya.

Dunia bisnis adalah dunia yang sangat tegas. Bila Anda tidak sedang dalam perjalanan naik, Anda pasti sedang dalam perjalanan turun. Bila Anda tidak sedang dalam proses mengumpulkan hasil untuk kesejahteraan, Anda sedang mengumpulkan jumlah yang harus Anda bayar sebagai hutang. Bila seorang pemimpin merasa berdebar-debar khawatir dengan berlanjutnya kerugian yang dialami oleh organisasi yang dipimpinnya, dan dia tidak menyegerakan proses perubahan yang membalik arah perjalanan usahanya; dia harus menyiapkan sebuah kepemimpinan yang penuh dengan permintaan maaf.

Berikut adalah enam keharusan genting untuk dengan cepat mengembalikan perusahaan ke arah perjalanan yang menjadi misinya, yaitu menghasilkan keberhasilan yang meningkatkan dan melestarikan kualitas hidup yang baik bagi para pemegang kepentingannya.

BE CLEAR, Yang Jelas. Jadikanlah diri Anda mengerti dengan kejelasan kristal, mengenai hal-hal yang seharusnya dilakukan oleh organisasi Anda, tetapi yang tidak dilakukan; dan mengenai apa yang seharusnya tidak boleh dilakukan, tetapi yang dilakukan bahkan sebagai sebuah norma yang baku. Pastikanlah Anda mengenali hal-hal yang mengeluarkan organisasi Anda dari jalur yang terdekat menuju keberhasilan.

BE QUICK, Yang Cepat. Pastikanlah Anda bersegera menghilangkan semua tindakan pribadi dan organisasi yang tidak seharusnya dilakukan tetapi yang lazim dilakukan; dan memfasilitasi semua tindakan yang memang seharusnya dilakukan tetapi yang belum dilakukan. Singkirkanlah anjuran dari para penggembira di sekitar Anda, atau dari dalam hati Anda sendiri; untuk memikirkan tindakan-tindakan itu se- mua dengan secermat-cermatnya, demi semangat ‘konsolidasi' dan pertimbangan 'cost and benefit'. Jangan dengarkan lagi! Bila mereka selama ini benar, mengapakah kita sekarang berada dalam keadaan yang mengharuskan sebuah pembalikan agar kita semua bisa selamat?

BE DIRECT, Yang Langsung. Langsunglah. Sibukkanlah diri Anda dan team manajemen Anda dengan tindakan yang langsung menghancurkan sumber dari semua masalah usaha Anda. Pastikanlah Anda hanya membicarakan dan melakukan yang relevan bagi perbaikan. Sadarilah, bahwa apa pun yang selain yang relevan bagi perbaikan, hanya akan menjadikan kepemimpinan Anda sebagai bagian dari masalah. Jangan lagi berteori. Pemimpin yang sebenarnya tidak dikagumi karena kehebatan analisisnya, tetapi karena mengenanya tindakan yang diambilnya.

BE SIMPLE, Yang Sederhana. Pastikanlah bahwa Anda sangat sederhana dalam pendekatan-pendekatan Anda. Jangan sulit dimengerti. Masa sulit selalu berhasil memperpendek rentang perhatian dan kesabaran dari organisasi Anda. Pastikanlah Anda dan organisasi Anda mengerti tentang hal-hal yang sama dan melakukan hal-hal yang tujuannya sama. Hapuslah jenjang- jenjang dan kolom-kolom dalam organisasi Anda yang menghambat kejelasan pengertian dan ketepatan tindakan. Janganlah Anda terjebak dalam kecanggihan palsu yang mengharuskan Anda berpikir kompleks agar bisa menuntut tercapainya kesederhanaan. Jangan sampai perintah Anda yang kompleks, ternyata dapat dilaksanakan dengan sederhana oleh organisasi Anda.

BE OBJECTIVE, Yang Obyektif. Akuilah dengan jujur bahwa mungkin kedekatan Anda dengan para penggembiralah yang menghalangi Anda untuk mendengarkan nasehat obyektif dari para reformer di organisasi Anda. Terimalah, mungkin dalam kesendirian Anda, bahwa mungkin Anda juga turut berperan dalam berlarut-larutnya keadaan yang menyulitkan ini. Hanya dengan menjadi sepenuhnya jujur kepada diri Anda sendiri, Anda akan bisa berlaku se-obyektif mereka yang tidak terlibat. Dan dengannya Anda akan bisa mulai menjadi penasehat yang paling jujur bagi diri Anda sendiri.

BE THERE, Hadir-lah. Tidak ada masa yang lebih membutuhkan kehadiran seorang pemimpin, daripada masa-masa yang sulit. Mereka yang Anda pimpin, membutuhkan kehadiran fisik Anda, dalam kerja-keras mereka untuk mengeluarkan perusahaan dari keadaan yang sulit. Sadarilah, bahwa mereka-lah yang sesungguhnya melakukan pekerjaan Anda segera setelah Anda memerintahkannya. Ketidakhadiran Anda dalam proses kepemimpinan usaha akan menjadikan orang-orang lain yang lebih terlibat daripada Anda, sebagai pemimpin-pemimpin yang sebenarnya. Bahkan bila wakil-wakil Anda tetap menyajikan kepemimpinan bagi Anda, organisasi Anda tetap akan mengacu kepada yang terlibat dekat dalam proses kepemimpinan, sebagai pemimpin mereka. Maka, pastikanlah Anda betul-betul hadir dalam proses kepemimpinan organisasi Anda.

U-Turn Now! Balik Haluan Sekarang!

0 Comments

0 comments:

Posting Komentar test