Think Like an Entrepreneur : berpikir seperti pengusaha

http://ak.imgfarm.com/images/vicinio/dsp-images/scott.schaffer/asset1_3/1470673176507.png

Dari sekian banyak artikel dan buku-buku how to yang membicarakan tentang “entrepreneurship”, saya kira artikel ini patut dibaca untuk menambah wawasan bisnis Anda, terutama mereka yang sedang dalam proses membangun bisnis atau berencana membangun bisnis.

Ada beberapa pendapat mengatakan bahwa, pengusaha itu dilahirkan, sementara yang lain mengatakan bisa dipelajari. Beberapa orang mendefiniskan pengusaha sebagai artis, sementara yang lain sebagai ilmuwan.

Michael Gerber, the founder and chairman of E-Myth Worldwide, dalam artikelnya berjudul “Think Like an Entrepreneur” menjelaskan bahwa untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses, seseorang harus memiliki satu kemampuan fundamental, satu kualitas fundamental, satu keterampilan fundamental tanpa ini akan sulit menjadi pengusaha yang sukses. Seorang pengusaha harus memiliki kemampuan untuk melihat dunia sebagai sebuah sistem.

Without a doubt, every entrepreneur worth his or her salt is a “systems thinker.” They could not do what they do without it.

Apakah “Systems thinker”? pemikir sistem adalah sesorang yang memiliki intuisi dan mampu melihat keseluruhan dari “sesuatu”, baik tunggal, dalam kesatauan, maupun oposisi (yang berlawanan).

Istilah Gerber seperti ini “Sees purpose in everything, and sees the system as the realization of the purpose.”

Bagimana dengan sistem bisnis. Bisnis Anda terdiri dari sekelompok orang yang bekerja dalam sebuah sistem. Sistem bekerja karena ada orang yang menjalakan sistemnya. Bisnis Anda harus systems-dependent, bukan tergantung atas orang, people-dependent.

Tanpa adanya sistem, bisnis Anda menjadi sangat tergantung pada Anda dan segelintir orang yang melakukannya untuk Anda. Jika Anda tidak ditempat, dalam sekejap bisnis Anda berubah menjadi Chaos (kacau-balu). Namun jika Anda memiliki sistem yang benar, sistem ini yang akan bekerja untuk Anda dan dan memungkinkan setiap orang bisa menjalankan sistem tersebut.

Kata Gerber, jika Anda memiliki sistem yang tepat, Anda bisa sewaktu-waktu memutuskan untuk belibur selama 3 bulan tanpa mengganggu bisnis Anda.

……………………………….
Michael Gerber is the founder and chairman of E-Myth Worldwide, where he invented a revolutionary small-business development system that’s been proven in thousands of businesses across the globe.

Think Like an Entrepreneur : berpikir seperti pengusaha

0 Comments

0 comments:

Posting Komentar test