SANG ELANG

http://ak.imgfarm.com/images/vicinio/dsp-images/scott.schaffer/asset1_3/1470673176507.png

Kesuksesan menurut Covey penulis "7 Habits" ditentukan juga oleh kebiasaan-kebiasaan EFEKTIF. Ia menggambarkan bahwa begitu jelas bahwa manusia selama ini ditentukan bukan oleh dirinya melainkan lingkungan sekitar dan kebiasaan masyarakatnya. Berikut ini ada sebuah kisah klasik tentang bagiamana manusia ditentukan oleh kebiasaan/tradisi.

Didalam hutan hiduplah seekor elang yang sarangnya berada ditebing-tebing bukit. Suatu hari salah satu telur elang itu tejatuh dari sarangnya dan mengenai peternakan ayam dan jatuh mengenai sarang ayam. Jadilah telur elang itu bercampur dengan telur ayam. Beberapa minggu kemudian telur itu menetas menjadi anak-anak ayam yang lucu, begitu juga si elang kecil. Sang Induk ayam seperti biasanya mengajak anak-anaknya untuk bermain kelapangan untuk mengajarkan anak-anaknya mencari makan cacing dan lain-lain. Jauh diatas langit terbanglah sang elang dengan indahnya, peristiwa itu disaksikan oleh induk ayam dan anak-anaknya. Si anak elang bergumam kepada saudara-saudaranya "duh! enak sekali bisa terbang seperti itu, bisa berputar-putar diatas langit." saudara-saudaranya menertawakan keinginan si elang kecil itu sambil mengatakan "hey! kamu itu anak ayam, walaupun kita punya sayap kita ditakdirkan tidak bisa terbang dan makanan kita cacing" Keesokan harinya hal itu tejadi lagi si elang kecil menerawang keatas langit menyaksikan keindahan kepak sayap elang berputar-putar diatas langit.jawabanya saudara-saudaranya tetap sama seperti kemarin "udahlah kamu ini kan anak ayam dan ayam makanannya cacing."

Waktu-waktu berlalu hingga akhirnya si elang kecil tumbuh dewasa. Namun kemampuan dia sebagai seeokor elang yang gagah perkasa dan memiliki kemampuan terbang telah hilang, ia tumbuh besar bersama-sama saudaranya "lingkungan ayam" yang hanya makan cacing dan hanya bisa menyaksikan pemandangan elang berputar-putar di atas langit.

Bisakah si elang itu terbang? hanya anda yang tahu jawabannya

SANG ELANG

0 Comments

0 comments:

Posting Komentar test