RAHASIA TRADISIONAL CINA UNTUK MEMELIHARA KESEHATAN

http://ak.imgfarm.com/images/vicinio/dsp-images/scott.schaffer/asset1_3/1470673176507.png

Dengan sejarah selama ribuan tahun, diet Cina tradisional menggabungkan elemen-elemen dari ilmu pengetahuan alam, penelitian manusia, dan ilmu sosial. Cara tersebut menyaring berbagai pengalaman mengenai pemeliharaan kesehatan dari sejumlah generasi rakyat Cina, dan membedakannya dari diet-diet tradisional diseluruh dunia dengan dasar teorinya yang unik dan kaya akan pengalaman klinis. Hal itu telah memberikan sumbangan yang besar kepada kesejahteraan dan pemeliharaan kesehatan dari penduduk Cina.

Seperti halnya organisme yang lain, manusia adalah tidak berada diatas hukum alam mengenai kelahiran, pertumbuhan, penuaan dan kematian. Namun upaya dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan pertumbuhan, memperbaiki kondisi fisik, dan menghambat proses penuaan untuk mencegah waktu kematian dini. Kuncinya adalah melakukan pencegahan yang proaktif dan penanganan yang tepat waktu. Menurut materi dari karangan oleh Huang Di Nei Jing yang ditulis pada awal dari Musim Semi dan Musim Gugur dan pada Zaman Negara-Negara Berperang, “Seorang yang bijaksana menghindari penyakit sebelum terjadi dan menangani gangguan sebelum timbul penyakit”. Dengan kata lain, orang yang sehat hendaknya mengambil langkah-langkah untuk mencegah penyakit, dan jika seseorang mengalami sakit maka dia harus memperoleh penanganan secepat mungkin untuk menahan perkembangan penyakit. Seseorang yang pandai menjaga kesehatan seringkali melakukan tindakan pencegahan terhadap cedera yang tersembunyi yang kiranya dapat mengarah kepada penyakit dan menghilangkan semua faktor-faktor resiko yang tersembunyi didalam atau diluar tubuh.

Obat Cina menekankan kesatuan dari orang dan alam serta kesatuan dari semua sistem jaringan dari tubuh. Berdasarkan konsep dari Yin, Yang, lima unsur, dan “keharmonisan manusia-Nirwana”, memandang tubuh manusia seakan-akan “memiliki kemampuan melawan qi (disebut ‘chi’) buruk”. Qi buruk artinya adalah semua elemen eksternal yang menyebabkan penyakit, seperti bakteri atau zat yang beracun dari lingkungan. Apabila qi yang bersifat vital berada didalam tubuh (ketika sistem yang berada dalam tubuh berada dalam keadaan seimbang dan memiliki kekebalan tubuh yang tinggi) dan menjadi lemah secara tidak dapat dihindarkan sebagai akibat dari pengaruh dominasi qi buruk (tidak dapat melawan penyakit)”. Tekanan diletakkan pada prinsip-prinsip mengenai pencegahan penyakit yang memungkinkan untuk melakukan pendekatan yang fleksibel berkenaan dengan program pencegahan pasien. Kesimpulan dapat diambil mengenai keadaan dalam tubuh dari hasil pengamatan dan analisa terhadap penampilan eksternaldari masing-masing individu. Maka itu, pengobatan dari Cina berusaha untuk melakukan penyelidikan terhadap rahasia dari kehidupan.

Peranan dari Pembersih, Pelengkap, Penguat dan Penyeimbang pada diet Cina tradisional

  • Sebagai dasar dari umur panjang, kesehatan berarti ketiadaan dari bahan-bahan dan faktor-faktor yang berbahaya dalam tubuh. Kini, masyarakat dapat dibagai menjadi tiga kategori: sehat yang berjumlah 5% dari semua penduduk, sakit 15%, dan dengan kondisi dibawah sehat lebih menonjol sekitar 80%. Kondisi yang berada dibawah sehat berada dalam keadaan yang berbahaya yang dicirikan dengan munculnya lukayang tersembunyi secara konstan yang berakibat pada timbulnya perasaan tidak enak yang signifikan.
  • Penduduk seperti itu perlu untuk MEMBERSIHKAN limpa kecil, perut dan usus halus, MELENGKAPI qi, darah, Yin dan Yang, dan MEMPERKUAT gizi yang masih dalam keadaan kekurangan sehingga dapat mencapai tujuan pemeliharaan kesehatan yaitu KESEIMBANGAN.
  • Tubuh manusia adalah seluruhnya memiliki sifat organik, sehingga keadaan yang tidak seimbang antara Yin dan Yang dapat mengarah kepada penyimpangan fungsi dari organ-organ tubuh pada bagian dalam. Bila satu organ mengalami kerusakan, semua organ yang lain terkena pengaruhnya yang selanjutnya berakibat pada keadaan yang tidak seimbang pada tubuh manusia. Oleh sebab itu, faktor-faktor yang merugikan hendaklah disingkirkan terlebih dahulu dari dalam tubuh dengan cara memulihkan keadaan keseimbangan dan menambah gizi. Seperti telah dinyatakan diatas, “tubuh mampu untuk menolak qi buruk bila qi yang vital berada dalam tubuh”. Bila qi buruk memasuki tubuh, qi yang bersifat vital secara aktif memeranginya; perjuangan selanjutnya dapat mengganggu keseimbangan antara Yin dan Yang dalam tubuh atau mengakibatkan organ-organ tubuh bagian dalam mengalami penyimpangan pada fungsinya sehingga menyebabkan terganggunya kegiatan dari qi dan darah, yang dapat tercermin dari sejumlah perubahan patologi. Bila qi yang bersifat vital menang dan qi buruk berkurang, penyakit cendrung untuk menjadi semakin baik dan dapat disembuhkan. Bila qi yang vital keadaannya lemah dan qi buruk menjadi semakin dominan maka penyakit cenderung untuk menjadi semakin parah dan bahkan mengarah kepada timbulnya penyakit serta kematian.

Memelihara kesehatan yang baik dan “keharmonisan manusia-Nirwana”.

  • Dari uraian tersebut diatas menunjukkan betapa pentingnya bagi semua orang untuk menjaga kesehatan mereka sehari-hari. Umumnya, bila seseorang tidak memiliki suatu penyakit, dia dengan mudah dapat memperhatikan faktor-faktor patologi yang tersembunyi dalam tubuh dan dirinya dapat dianggap sehat walafiat. Namun, “sebuah bendungan yang besar pada akhirnya dapat menjadi hancur sebagai akibat dari adanya lubang-lubang semut yang tidak berarti”. Tubuh adalah seperti halnya bendungan tersebut yang hanya dapat diselamatkan dari bahaya dengan cara membersihkan diri sebelumnya dari berbagai resiko yang tersembunyi. Namun, orang-orang seringkali baru mulai mengambil tindakan setelah mereka didiagnosa mengandung penyakit. Seperti sering dikatakan, “Lapisan es setebal tiga kaki tidak disebabkan oleh satu hari kerasnya musim dingin”. Agar kita memiliki kesehatan yang mempunyai kekuatan seperti es, seseorang harus memberi perhatian kepada perawatan kesehatan pada interval waktu yang teratur. Maka seseorang akan dapat dengan mudah menangkis serangan dari wabah penyakit. Bagaimana seharusnya orang bertindak agar dapat menjaga kesehatan secara berkesinambungan? Setiap orang perlu mengerti bahwa disebabkan oleh kehidupan kita dalam alam dan tergantung kepada adanya interaksi antara Yin, Yang dan lima unsur untuk terjadinya keseimbangan antara dirinya dengan alam, maka perlu adanya pengaturan menurut perbedaan musim, wilayah dan daerah waktu sehingga dapat memenuhi kondisi pribadi dari pasien. Hanya dengan cara ini dapat direalisasikan “keharmonisan manusia-Nirwana”.

Yin, Yang, dan lima unsur; kesatuan yang kontradiktif dari alam.

  • Tubuh manusia secara keseluruhan adalah bersifat integral yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Tidak ada yang dapat hidup tanpa keberadaan Yin dan Yang. Sebagaimana sering dikatakan, “Yin tidak akan tumbuh secara tunggal; sedangkan Yang sendirian tidak bisa hidup”. Dunia ini sesungguhnya sebagai suatu integrasi yang dihasilkan dari kesatuan yang kontradiktif dari Yin dan Yang. Yin dan Yang mewakili unsur-unsur yang memiliki sifat yang berlawanan tetapi saling berhubungan. Baik orang ataupun alam tidak dapat dipisahkan dari adanya lima unsur – logam, kayu, air, api, dan tanah. Unsur kayu adalah Yang sebab tumbuh dan berhubungan. Air adalah unsur Yin sebab mengalir kebawah. Api adalah sebagai perlengkapan dari Yang sebab menuju keatas. Tetapi Yin dan Yang adalah saling tercampur baur. Sebagai contoh, permukaan air adalah Yang tetapi dasarnya adalah Yin. Hal ini menjelaskan mengenai konsep yang integral dari kesatuan yang kontrakdiktif dari Yin, Yang dan lima unsur yang melakukan interaksi dengan orang dan alam untuk membentuk keseimbangan dari keuntungan dan kerugian dengan melakukan pengembangan dan pembatasan antara satu dengan lainnya. Dalam suatu keadaan yang seimbang, sebagai contoh, lima organ tubuh bagian dalam (hati, jantung, limpa kecil, paru-paru dan ginjal) saling bantu membantu antara satu dengan lainnya untuk mewujudkan tubuh yang kuat dengan umur yang panjang. Pada pihak lain, apabila terjadi kerusakan dari salah satu organ maka akan berpengaruh kepada semua organ lainnya.

Yin, Yang, lima unsur dan proses Pembersihan, Penambahan, Penguatan dan Keseimbangan

  • Mengenai apa yang disebut sebagai lima unsur pada obat Cina tradisional, kayu, api, tanah, logam, dan air, adalah sebagai bagian-bagian pokok dari suatu bangunan yang berupa dunia. Bagian-bagian tersebut saling berhubungan dengan musim semi, musim panas, musim panas yang panjang, musim gugur dan musim dingin pada lingkungan alam, dan hati, jantung, limpa kecil, paru-paru dan ginjal pada tubuh manusia. Sesuai dengan hal tersebut, kita perlu mengambil tindakan yang sesuai mengenai pembersihan pada musim semi, pengisian pada musim panas, penguatan pada musim gugur, dan keseimbangan pada musim dingin untuk dapat mencapai keseimbangan antara tubuh, ekologi dan alam. Pada dunia sekarang, pencemaran lingkungan amatlah hebat, yang secara tidak dapat dihindari menyebabkan bahan-bahan berbahaya tersebut masuk kedalam makanan kita.
  • Ketika bahan-bahan yang berbahaya ini mengganggu tubuh, organ-organ yang pertama kali terkena pengaruh adalah limpa kecil dan perut yang bertanggungjawab untuk melakukan pencernaan dan asimilasi. Organ-organ lainnya yang terkena pengaruh adalah organ-organ dasar untuk pertumbuhan setelah melahirkan dan sumber dari qi dan darah. Seterusnya, akibat lanjut dari kerusakan terhadap limpa kecil dan perut dapat menentukan kecukupan dari vitalitas yang dibawa dari sejak lahir (qi dari ginjal). Tenaga yang diperlukan oleh tubuh dikirimkan keseluruh tubuh setelah dilakukan pencernaan dan asimilasi oleh limpa kecil dan perut, dan kemudian mengatur qi dan darah pada hati dan paru-paru dan menambah vitalitas pada ginjal, sehingga mencegah permulaan dari timbulnya penyakit. Bila seseorang memakai produk untuk perawatan kesehatan maka perlu dipertimbangkan mengenai pengaruh musiman dari perubahan iklim, bukan asal memakai produk tersebut tanpa memperhatikan adanya perubahan tersebut.

Memelihara kesehatan anda dengan Produk Kesehatan Tianshi

  • Pembersih pada musim semi — Tanah penuh dengan kehidupan pada musim semi. Qi dan darah bersirkulasi secara lancar dalam tubuh manusia, dan semua organ bagian dalam serta jaringan melakukan proses pemulihan dengan mudah. Ini adalah waktunya untuk pengembangan qi yang vital dan untuk membersihkan bahan-bahan yang tidak diperlukan yang telah diambil selama musim dingin. Kelima unsur didominasi oleh darah. Seseorang cendrung untuk meneteskan air mata ketika berhadapan dengan angin yang menyebabkan mata menjadi terasa perih dan menyebabkan rasa asam pada mulut. Seseorang cendrung untuk mudah menjadi marah yang menyebabkan luka pada hati dan kantong empedu. Oleh sebab itu, pelengkap kesehatan yang dipakai pada musim ini hendaklah yang dapat menghilangkan rasa panas pada hati dan kantong empedu. Tujuan yang utama adalah untuk melestarikan dan mengatur hati dan membersihkannya dari perasaan panas dengan tujuan tambahan adalah untuk meningkatkan gizi.‘Produk yang disarankan untuk pembersih musim semi adalah: Chitosan dan Tianshi Beauty Capsules untuk membersihkan berbagai racun dari luar; Tianshi High Calcium Drink, Tianshi Vitality Softgel Capsules, Tianshi Beneficial Capsules, Tianshi Vigor-rousing Capsules, Weight Loss Tea, Tianshi Spirulina Tablets, Tianshi Trishomo Tanshinone Leisure Capsules, Tianshi Double-Cellulose Tablets, dan untuk membersihkan kelebihan lemak pada sistem pembuluh darah jantung dan otak serta bagian tubuh lainnya sehingga mengurangi beban dari hati dan kandung empedu.
  • Pengisian pada musim panas—Pada musim yang panas ini orang-orang sangat mudah terkena qi buruk yang disebabkan oleh panas. Kelima unsur didominasi oleh api. Seseorang cendrung untuk seringkali mengalami kehabisan air ludah dan keringat yang berpengaruh terhadap fungsi asimilasi dari usus halus, dan mengakibatkan timbulnya peradangan oleh panas yang timbul dari jantung, dengan muka yang menjadi merah dan timbul rasa perih pada mulut dan lidah. Oleh sebab itu, seseorang harus dapat meredam rasa panas pada jantung dan mengatur pikirannya. Pada kondisi yang panas selama berlangsungnya musim panas yang panjang, tubuh sangat banyak mengeluarkan keringat dan memiliki selera makan yang kurang yang cendrung untuk melukai jantung dan limpa kecil. Pada musim ini tidak cocok untuk memakai banyak pelengkap, tetapi sangat pantas untuk mengatur vitalitas pada organ-organ limpa kecil dan perut sehingga mengakibatkan sirkulasi qi dan darah menjadi lancar. Melakukan pengisian terhadap limpa kecil dan perut dengan qi akan berakibat pada timbulnya perasaan kuat dan bersemangat.Produk yang disarankan untuk memberikan pengisian selama musim panas yang panjang adalah: mesin untuk sirkulasi qi dan darah, pakaian dalam, dan Tianshi’s Acupoint Treasure untuk mengatur sirkulasi qi dan darah dan untuk mengendorkan otot-otot dan persendian; bahan pelengkap seng dan High-Absorption Calcium untuk mengatur limpa kecil dan perut untuk merangsang nafsu makan; sejumlah kecil kapsul minyak Spirulina dan Seabuckthorn untuk pengaturan limpa kecil dan perut untuk meningkatkan tenaga.
  • Penguatan pada musim gugur— Cuaca perlahan-lahan menjadi semakin dingin pada musim ini yang didominasi oleh qi yang kering. Seseorang cendrung untuk merasakan kekeringan pada mulut dan kerongkongan dan batuk-batuk dengan sedikit dahak yang menimbulkan rasa sakit pada paru-paru. Oleh sebab itu, seseorang perlu untuk memperkuat Yin-qi dan memberikan pelembab pada paru-paru. Jika fungsi tubuh menjadi normal setelah melakukan pembersihan pada musim semi dan pengisian pada musim panas, sekarang adalah waktunya untuk memberikan pelengkap berupa gizi yang sesuai untuk mengisi tubuh dengan qi dan darah, mendorong pertumbuhan Yin dan Yang, dan membangun fisik yang kuat. Oleh karena banyak makanan panambah gizi yang mengandung gula, lemak, protein, hormon, dsb., secara berlebihan maka seseorang hendaklah membuat pilihan yang benar dan memakai makanan perawat kesehatan atas dasar diet yang seimbang.‘Produk yang disarankan untuk “pelengkap pada musim gugur untuk memberikan kelembaban terhadap kekeringan”: Aweto, Spirulina, High Absorption-Calcium Concentrate dan pelengkap bahan seng untuk menambah vitamin, unsur-unsur, mineral, enzim, dsb., yang masih kurang pada makanan yang dikonsumsi serta untuk memperkuat paru-paru, hati dan ginjal.
  • Keseimbangan pada musim dingin— Pada musim yang dingin ini, seseorang cendrung untuk menjadi lemah oleh karena kedinginan yang membuat gangguan terhadap ginjal. Disamping itu juga cendrung untuk menjadi semakin kurang aktif sementara menkonsumsi lebih banyak makanan yang dapat berakibat pada kelebihan zat lemak dalam tubuh yang tergabung dengan sirkulasi qi dan darah yang lambat sehingga menyebabkan seseorang menjadi mudah terkena penyakit saluran darah jantung dan saluran darah otak. Walaupun sekarang tubuh berfungsi secara normal setelah dilakukan pembersihan pada musim semi, pengisian pada musim panas dan penguatan pada musim gugur, seseorang tidak boleh melepaskan penjagaan terhadap diri sendiri hanya dengan memakai sikap pencegahan terhadap penyakit maka seseorang akan dapat menjaga tubuhnya sendiri tetap aman dari serangan qi yang berbahaya dari luar.
  • Suatu kombinasi yang terkoordinasi dari produk “pembersih, pengisi, dan penguat” disarankan untuk dipakai sebagai “pencegahan pada musim dingin”: High Absorption-Calcium Concentrate, aweto, Spirulina, Chitosan, dan pelengkap Seng untuk mengatur kekebalan pada kedua arah; Huo Li Kang (Anti-Oksidan Plus), Wei Kang (Remaja & Kesehatan), dan Yi Kang (Sistem Jantung) untuk mengatur lemak pada darah; mesin sirkulasi qi dan darah dan point akupunktur diatur untuk meningkatkan sirkulasi qi dan darah; langkah-langkah untuk menyingkirkan kedinginan dan memperkuat fisik untuk menjalani musim dingin yang aman.

Berdasarkan atas pengertian mengenai hubungan antara lima unsur dan alam, penyakit yang potensial dapat dianalisa. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan pada tubuh seseorang berada diberbagai tempat seperti perubahan lokasi, musim, qi yang berbahaya, organ bagian dalam dan rasa. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, seseorang dapat meramalkan masa depannya dan mencegah penyakit dari sejak dini. Dengan melakukan pencegahan, seseorang dapat memperkuat fisik dan hidup dengan umur panjang. Itulah masa depan yang unik dari diet Cina tradisional.

Secara ringkas, “pembersihan, pengisian, penguatan dan keseimbangan” merupakan diet untuk memperbaiki fisik. Seseorang membersihkan zat-zat yang berlebihan keluar tubuh, mengatur kesimbangan tubuh dan pikiran, dan menambah bahan gizi secara benar untuk mencapai tujuan dari perawatan kesehatan secara preventif, perbaikan kondisi fisik, dan umur panjang. Itulah rahasia mengenai pelestarian kesehatan Cina.

www.tiens.com

RAHASIA TRADISIONAL CINA UNTUK MEMELIHARA KESEHATAN

0 Comments

0 comments:

Posting Komentar test