Coklat dan kehamilan

http://ak.imgfarm.com/images/vicinio/dsp-images/scott.schaffer/asset1_3/1470673176507.png
Mengkonsumsi coklat selama kehamilan dapat membantu menghilangkan komplikasi serius yang dikenal sebagai pra-eklamsia. Coklat, khususnya coklat hitam, kaya akan bahan yang disebut teobromin yang menstimulasi jantung, merelaksasi otot polos dan memperbesar pembuluh darah, telah digunakan untuk menangani nyeri dada, tekanan darah tinggi dan pengerasan pembuluh arteri.

Pra-eklamsia memiliki banyak ciri umum penyakit jantung, dimana tekanan darah meningkat selama kehamilan sementara kelebihan protein dikeluarkan ke dalam urin.

Untuk mengetahui apakah coklat yang memiliki manfaat pada kardiovaskular kemungkinan juga dapat membantu mencegah pra-eklamsia, para peneliti mengamati 2.291 wanita yang melahirkan bayi tunggal dan menanyakan mereka tentang berapa banyak coklat yang dikonsumsi pada trimester perta ma dan ketiga mereka. Para peneliti juga mengukur kadar teobromin pada darah plasenta janin.

Wanita yang mengkonsumsi banyak coklat dan yang pada janinnya memiliki konsentrasi teobromin tertinggi dalam darah plasentanya tampaknya lebih sedikit mengalami pra-eklamsia. Wanita dengan kadar teobromin plasenta pada seperempat tertinggi memiliki 69% lebih kecil mengalami komplikasi dibandingkan dengan kadar seperempat terendah.

Wanita yang makan 5 atau lebih coklat setiap minggu pada trimester ketiga kehamilan tampaknya 40% lebih sedikit mengalami pra-eklamsia dibandingkan mereka yang makan coklat kurang dari sekali dalam seminggu. Hubungan serupa tapi lebih lemah antara konsumsi coklat dan risiko pra-eklamsia ditemukan pada trimester pertama. Wanita yang makan 5 kali atau lebih cioklat setiap minggu mempunyai risiko 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang makan kurang dari sekali tiap minggu.

Menurut Elizabeth W. Triche dan timnya dalam jurnal Epidemiology edisi Mei 2008, teobromin dapat memperbaiki sirkulasi dalam plasenta dan memblok stres oksidatif atau kemungkinan berasal dari bahan kimia bermanfaat lain yang ditemukan dalam coklat.

Menurut para peneliti, hasil ini meningkatkan kemungkinan bahwa konsumsi coklat pada wanita hamil dapt menurunkan kejadian pra-eklamsia. Karena pentingnya pra-eklamsia sebagai komplikasi utama kehamilan, diperlukan pengulangan hasil ini dengan studi prospektif lebih besar dengan pengujian konsumsi coklat lebih detil.

Coklat dan kehamilan

0 Comments

0 comments:

Posting Komentar test