Bahan Kimia pada pabrik produk karet dapat menyebabkan kanker

http://ak.imgfarm.com/images/vicinio/dsp-images/scott.schaffer/asset1_3/1470673176507.png

Menurut penelitian yang dipublikasikan di dalam Occupational and Enviromental Medicine 2009, bahan kimia yang biasa digunakan dalam pabrik produk karet dapat menyebabkan kanker pada pekerja yang terpapar secara reguler.

Para peneliti mendasarkan temuan mereka pada temuan angka perkiraan lebih tinggi pada kanker-kanker tertentu dan kematian dari penyakit diatara para pekerja pabrik kimia karet di North Wales.

Mereka melihat paparan khusus pada bahan kimia yang disebut 2-merkaptobenzotiazol (MBT = 2-mercaptobenzothiazole) yang telah dimasukkan pada penelitian sebelumnya sebagai bahan penyebab kanker (karsinogen).

Mereka melihat angka kematian karyawan, yang bekerja pada pabrik paling sedikit 6 bulan, antara tahun 1955 dan 1984 serta diagnosis kanker antara tahun 1971 dan 2005. Diantara 2.160 karyawan, 363 bekerja di tempat yangn kemungkinan terpapar MBT.

Kebanyakan para pekerja ini pertama kali terpapar bahan kimia ini lebih dari 1 dekade lalu, selama tahun 1030, 40 dan 50. Pada akhir tahun 2005, 222 karyawan ini meninggal dan 139 ditelusuri masih hidup. Berdasarkan statistik nasional angka perkiraan kematian, pekerja yang terpapar pada MBT 2 kali lebih banyak meninggal akibat kanker usus besar dan kandung kemih.

Ketika dibandingkan dengan 1.797 pekerja yang tidak terpapar MBT selama pekerjaannya, terlihat bahwa risiko kanker usus besar dan mieloma ganda meningkat secara nyata sebanding jumlah paparan MBT.

Para peneliti menyimpulkan kemungkinan MBT harus ditangani leb ih hati-hati karena dapat menjadi karsinogen bagi manusia.

Bahan Kimia pada pabrik produk karet dapat menyebabkan kanker

0 Comments

0 comments:

Posting Komentar test